Assalamualaikum,

Batas oversize (os) habis, mau nggak mau harus ganti seglundhung silinder blok baru. Harga silinder blok baru orisinil F1ZR sekitar 900 ribu rupiah, belum termasuk piston dan ringnya. Muahal.

Mau irit? Ganti selongsong silinder atau linernya saja. Dengan biaya sekitar 100 ribuan, silinder blok montor sampeyan sudah kembali perawan, alias oversize 0. Njuk tinggal beli piston kitnya doang. Murah meriah to?

Kasat mata bisa dilihat dengan jelas perbedaan antara silinder blok liner asli dengan silinder blok yang sudah overbos. Monggo, pelototin foto neng ngisor iki.

Silinder blok F1ZR boringan, sudah di overbos, perhatikan liner yang dilingkari, bandingkan dengan foto liner pada silinder blok ori

Silinder blok F1ZR boringan, sudah di overbos, perhatikan liner yang dilingkari, bandingkan dengan foto liner pada silinder blok ori

Jendela lobang transfer silinder blok ori, bentuknya kotak

Jendela transfer silinder blok ori, bentuknya mengkotak

Jendela transfer liner boringan, bentuknya oval, dan lebih kecil

Jendela transfer liner boringan, bentuknya oval, udah gitu imut lagi, cute, kayak kamu, iya kamyuuuu……Dodhit mode on.

yang ini ori

yang ini ori

nyang ini boringan

nyang ini boringan

Pada mesin 4-tak mungkin nggak banyak pengaruhnya, tapi pada mesin 2 tak, bejubun efek negatifnya. Terutama pada tenaga yang dihasilkan. DSH sendiri pernah merasakan efek dari liner ‘sok-sokan’ tersebut.  Nggak bisa ngebut. Akselerasi kayak tertahan. Ngejar shogun 110 saja nggak kuat. Ngos-ngosan.

Ganti liner alias overbos banyakan ruginya. Terutama bagi brother penyuka ngebut.  Tenaga ngempos, mesin cepat panas, boros bensin, dan parahnya piston macet. Soalnya, kebanyakan tukang bubut tidak mengatur ulang lubang transfer dan bilas. Seperti foto-foto diatas. Akibatnya, semprotan pengabutan jadi kacau.

Nah, bila sampeyan berniat ganti liner alias overbos, kudu memperhatikan hal-hal berikut.

Kalaupun terpaksa harus make liner ‘boringan’, maka desain lubang transfer, bilas dan buang harus dibikin sama dengan aslinya. Tukang bubut sering lupa dan kadang asal-asalan dalam hal menyamakan desain jendela dan terowongan lubang transfer sama aslinya. Bahkan sengaja dibikin tegak lurus. Akibatnya sirkulasi bahan bakar yang masuk, pembakaran, dan buang jadi ngaco. Mesin cepat panas. Silinder jadi ambruk.

Seharusnya aliran gas pembakaran berjalan sesuai aturan. Yaitu bensin dan udara teratur mendorong gas kotor menuju lubang buang. Kemudian ditendang balik knalpot. Jadi gas baru tidak bablas terbawa keluar.

Aliran gas pembakan

Aliran gas pembakan

foto diatas adalah contoh liner bikinan Alfa 14 Racing,  dengan jaminan :
1 Porting blok dijamin sesuai dengan standardisasi mesin 2 tak

2 Power mesin minimal akan sama dengan kondisi standard

3 Ketahanan material liner minimal akan sama dengan standard bawaan motor berliner seperti NSR 150R, RX King, RXZ,RGR 150 dll 

Ongkos :

1. Diameter diatas 64 mm  Rp 450,000 belum termasuk seher

2. Diameter 64mm kebawah Rp 425.000 belum termasuk seher

Nah, kuncinya jelas di tukang bubut, sudut dan desain lubang masuk buang disamakan dengan aslinya.  Bila tukang bubut terlanjur lupa mengatur desain lubang porting, maka sampeyan kudu rela masrahin ke mekanik korek. Kenapa mekanik korek? Yah, yang jelas mereka tahu pasti gimana desain jendela porting yang benar. Peralatan mereka juga dijamin komplit.

Selain hal di atas, dengan harga liner 100 ribuan, bahan material liner pengganti yang digunakan dipastikan tidak sama dan sebagus liner asli bawaan pabrik. Jadi nggak ada jaminan juga kalau liner pengganti mempunyai daya tahan tinggi. Efeknya ya nggak tahan panas, mudah memuai, mbikin piston macet karena mudah overheat.

Jadi menurut DSH, boleh saja melakukan overbos. Tapi lakukan hanya bila terpaksa. Terutama karena kantong cekak. Ben irit.

irit pangkal kere

Wassalamualaikum

 

Komentar
  1. nelson sukirman berkata:

    Saya sudah mencoba di alfa 14..hasilnya lumayan kecewa.. Ga sesuai harapan… Tapi mereka kasih garansi koq.. Masalahnya upah kerja plus ongkir 2x kalau ditambah 3ratus ribu bisa dapat blok baru.. Kecewaaa

Tinggalkan komentar