Assalamualaikum,

Sebelume eike minta maaf yang setulus tulusnya, terutama pada Mas Jaler karena terlanjur telat update artikel di DSH blog ini. Tulisan yang akan sobat baca ini merupakan kiriman dan murni hasil buah pena dari Mas Jaler “#prakoso_concept”, berisi spek komplit si otonk besutan Mas Jaler. Nah pastinya sangat bermanfaat bagi para modifer yang F1ZRnya pingin tampil ala road race, penyuka cornering, tapi nyaman dipakai harian dan touring.

Saran DSH, apapun cara membacanya, mau membaca nyaring, membaca dalam hati, membaca sekilas, membaca eksentif, membaca insentif, eh salah, intensif ding… harap kuatkan iman sampayan-sampeyan, jangan sampai tabungan ente amblas mbuat belanja racun modif ala #praksoso_concept, hehehe. Modife ra nguatiiiiii.

Wokey…monggo dimulai, jangan lupa biar komplit sediakan kopi sama nyamikane.

20160210140028

#prakoso_concept part 2

Assalamualaikum wr.wb

Berhubung saya masih punya kutang sama mas DSH …ups ! ! !   Sory… Masih punya Utang maksudnya,dan kebetulan mas DSH juga sudah nagih, okelah kalau beg…beg…begitu….

Mau gak mau alias gelem ora gelem,saya coba nyaur utang saya untuk nulis sedikit cerita tentang susah senang bersama motor F1zr kesayangan saya untuk ikut ngisi & nyeseki blog’y mas DSH.

Walaupun asline nyong dudu penulis & ora hobi nulis…

Hahaha… Peace mas DSH…

Kali ini saya mau menceritakan kelanjutan dari cerita pertama saya yang sebelumnya sudah ada di blog’y mas DSH. (Sing nyuwun mas DSH ne,xixixixixi)

Oke,tidak usah panjang lebar lagi,langsung saja kita mulai,

“TERLANJUR SAYANG” atau mungkin “KALAU SUDAH CINTA MAU BILANG APA”

mungkin kata-kata itulah yang ingin saya katakan untuk jawaban kepada orang-orang yang sering menanyakan kepada saya “kenapa masih betah & setia pakai motor f1zr ini”.

Kurang lebih sudah hampir 13 tahun she otonk mengaspal… pertama dari dealer ,dari jaman saya sekolah sampai sekarang alhamdulillah saya sudah bisa cari uang sendiri (nguli) doi tetap setia mengantar saya kemana saja. Pokoke susah seneng uripe nyong ya akehe karo motor kue ( bahasa brebesan)

Kenapa saya betah pakai f1zr

1.tangguh

2.Responsif,Kencang ( kalau di garap & garapan’y bener,bisa lebih kencang )

3.Desain body sporty (nyenengi)

4.Perawatan mudah & awet(spare part ori)

5.Jarang mogok

6.Pokoke motor kie jare nyong apik,standaran aja sudah keren,apa lagi kalau di modifikasi. Mau modif aliran apa saja motor ini pasti keren,tapi untuk modif,mau modif konsep road race,drag,thailook,minimalis & masih banyak aliran modifikasi lainnya, kembali ke selera masing-masing si empunya yak.

7.Durung kelakon tuku motor maning (belum kesampaina beli motor lagi) hahahahaha,tapi kalau ada rejeki sih lebih baik beli lagi tapi she otonk jangan dijual.

Lanjut…   Dalam kurun waktu 13 tahun otonk mengaspal,banyak sekali hal-hal yang saya alami,tapi justru dari pengalaman itu yang membuat saya jadi paham sedikit demi sedikit tentang motor ini.

Satu hal yang saya tidak pernah lakukan terhadap motor ini adalah saya tidak pernah merubah warna body aslinya,hanya striping saja,karena warna birunya itu yang membuat saya suka.waktu masih baru,ugh…! ! !     standaran aja motor ini sudah sangat enak tarikannya.pokoke mantep.

Kejadian buruk yang pertama adalah motor ngejim alias nyeket,gara-gara dipakai bapak pas jalan bapak ga tau kalau motor kehabisan olsam… Bapak cuma bilang motor mogok, dan ternyata setelah saya bongkar bagian headnya, saya lihat bagian blok’y…ya salaaammmm…goresan di Buring / liner paraaaahhhh…. Asline nyong emosi banget,wis nyilih ora ngomong,ngrusak pisan,oli wis entek dipaksa bae kon jalan,maklum,bapak2.tp apa daya,masa sama bapak sendiri mau ngamuk…hahahaha…   Semakin lama dipakai,suara mesin semakin kasar…Dan akhirnya mau gak mau harus naik OS jd OS 50.

Mulai dari kejadian itu lah,saya jadi mulai gatel & penasaran untuk utak atik motor ini,jadi sering nongkrong di bengkel teman,ngopi2 sambil ngobrol ngalor ngidul tanya-tanya tentang f1zr biar bisa sedikit responsif tapi gak buat balap,cukup untuk harian saja. Dan akhirnya mulailah tangan saya belajar mengobok-obok mesin she otonk didampingi teman yang punya bengkel tersebut.

Untuk mesin sih ga bnyak perubahan, selama ini sudah naik OS 2 kali,os 50 & os 100(sampai detik ini masih dipakai os 100, kenapa dinaikan lg jd os 100,karena waktu os 50 motor sangat enak sekali(menurut saya lho) karena waktu pas baru di korter sekalian lubang2 di blok cuma diutak atik sedikit saja,gak ekstreme2,papas head sdkit,seting PJ MJ karbu,seting gear dari bawaan 14-39 jadi 14-37 & kenalpot standart bobok saja motor sudah bisa mabur-mabur…hehehe grin emotikon

Singkat cerita,Saking senengnya dengan tarikan motor yang responsif,gebar-geber ngalor ngidul,ternyata oh ternyata… Lagi-lagi kejadian yang sama terulang kembali… Olsam habis pas lagi ngebut-ngebutnya…. Padahal saya tau lampu indikator oli sudah nyala,menandakan bahwa olsam sudah harus di isi,tp saya abaikan sampai berhari-hari… Maklum,anak sekolah…uang jajan masih pas-pas’an…hehehe… Akhirnya mesin bisa hidup lagi tapi dengan keadaan suara seperti mesin jahit.

Lambat laun,hari demi hari bulan demi bulan,suara motor semakin gak karuan… Berisik sekali… Tapi saya cuekin saja karena belum punya biaya untuk naik Os lagi.

Dengan keadaan suara & getaran mesin yang sanagat tidak karuan & sangat mengganggu telinga,tetep geber gaspol terus… Sampai saya tidak memperdulikan kejadian apa yang bakal terjadi dengan mesin she otonk…

Semakin lama kelamaan,dan akhir’y… Piston ngejim maning… Tapi kali ini sudah betul-betul parah…sampai gak bisa di selah… Hadeeehhh…alamat ancur wis sing ana nang jero mesin.

Setelah kejadian tersebut & alhamdulillah saya sudah bisa cari uang sendiri,mulailah akhirnya otonk turun mesin untuk yang pertama kalinya.

Yang saya rehab adalah

1.Blok korter jd OS 100 piston naik os

2.Stang seher ganti baru (ori)

3.Bearing kruk ass kanan kiri (ori)

4.Seal kruk ass kanan kiri (ori)

5.Berhubung rumah koplingpun sudah oblak & mengeluarkan suara kasar,akhirnya ganti karet,dan dibubut supaya bisa pke kampas kopling suzuki FR.(Untuk kamkop sudah pernah diganti secara berkala,kalau dirasa sudah mulai selip atau bahasa jawane NGLELER,itu berarti sudah harus ganti)

6.Paking fullset

7.Lidah membran beli baru,karena pas dicek,lidah terlihat sudah menganga alias mangap.

yg bekas dpotong separo,ditaruh di atas,yg baru ditaroh di bawah alias ditumpuk,

Perakitan dimulai,lepas semua bagian-bagian mesin,

Perlu diperhatikan,dalam pemasangan harus benar-benar hati-hati,jangan asal… karena meskipun spare part ori semua & baru semua,kalau pemasangannya tidak benar ya percuma.

Oke…setelah semua terpasang dengan benar & rapih,masukan oli mesin.selesai sudah… Dan akhir’y setelah tidur 2 hari selama perakitan mesin akhirnya otonk mengaspal kembali,senangnya hatiku…hahahaha…

Cerita di atas adalah sebagian cerita di mesin she otonk,alhamdulillah smpai sekarang masih tetap os100.meskipun begitu masih tetap saja ada kendal-kendala kejadian yang terjadi di motor,seperti misalkan pengapian,dan masih banyak hal-hal lainya,maklum,motor tiap hari jalan,namanya barang kalau sering dipakai ya pasti ada aja yang rusak & harus diganti.

Untuk pengapian saya masih pakai ori saja,tidak pake yang racing… Maklum,bukan motor balap.

Untuk CDI sudah pernah ganti 1kali pakai yang ori juga,begitu juga spul & koil,sudah pernah ganti dan tetap pakai yang ori.

Alhamdulillah,sampai sekarang masih aktif mengaspal untuk kerja,kadang juga ngikut touring,kadang juga miring-miring ga jelas…hehe… Tapi miring-miring itu cuma iseng dan sekedarnya saja,karna saya bukan pembalap,mimpi yang terlalu tinggi & jauh untuk jadi seorang pembalap bagi saya.

Lambat laun banyak perubahan di tampilan she otonk,mulai dari ganti striping f1zr 2004,ss two malaysia,& sekarang kembali pakai striping f1zr tahun 2003,velg pun bolak balik ganti.

Sedikit spek tentang she otonk untuk saat ini :

  1. Yamaha f1zR 2003
  2. Striping yamaha sstwo malaysia( sekarang pakai striping f1zr 2003)
  3. Mesin OS100 standar saja,cuma papas sedikit cop. head silinder,lepas dinamo stater,kampas kopling suzuki FR,per kopling TDR,

Pengapian standar ori yamaha.

Karbu std pakai filter tabokan

4.Master rem depan variasi,yg murah meriah saja grin emotikon

5.Shok dpan & kepala babi udh dganti pake punya vegaZR,cm disc’y aja yg pke PSM ukuran 220mm,selang rem TDR

Shok belakang YSS top up

6.Kenalpot AHM stndr racing malaysia

7.Velg dpan merk sprint rim 17/140 palang 8

Velg blkng TDR rim 17/140

8.Ban dpan & belakang FDR sport mp76soft compound ukuran 90/80

9.Kipas udh ga ada,dgnti airscoop

8.Swing arm super track

10.Gear set SSS 428 ukurn 14-36 rantai SSS gold

  1. Fooot step underbone custom pake besi

Kurang lebih itulah spesifikasi yang ada di motor kesayangan saya saat ini.

Demikian sedikit cerita tentang f1zr saya alias She otonk kesayangan saya.

Mungki dari para pembaca ada yang sudah lebih lama & lebih berpengalaman dengan motor f1zrnya,termasuk Suhu Mas DSH,yang sudah banyak menginspirasi & membantu untuk para pecinta yamaha f1zr,hehe… Pengalaman saya di motor f1zr masih belum ada apa-apanya dibandingkan mas DSH & suhu para pecinta f1zr di indonesia.di grup facebook seperti “yamaha f1zr mania,f1zr bersatu,yamaha f1zr indonesia & masih banyak grup lainnya yang dimana di grup tersebut banyak Suhu-suhu & pecinta f1zr seindonesia yang lebih berpengalaman dengan motor f1zr.

Cerita saya di atas hanya sebagian kecil dari saya tentang kecintaan saya terhadap yamaha f1zr.

untuk mas DSH,saya ucapkan terimakasih sekali sudah diperkenankan ngisi,nyeseki,ngrewoi & ngebek-ngebeki blognya mas DSH. Maka dari itu, utange nyong maring sampean wis lunas ya mas, hahahaha…

Matur suwun sanget mas suhu DSH…

Wasalamualaikum WR.WB

Galeri foto #prakoso_concept

20160210135729

pasangan serasi

20160210135718

20160210135933

20160210140008

20160210135744

batok buta

20160210135113

20160210135942

cornering…ayok aja

20160210135857

20160210135844

20160210135625

20160210135653

Touring, siapa takuuttttt

20160210135955

Sobat F1ZR mania pasti ngeh sama F1ZR item beserta manusia tampan yang sedang jongkok itu. Betul, ntu Bang Shogun ‘HOJI’ Sport bareng hantu aspalnya.

20160210135835

20160210135754

20160210135804

20160210135914

Sungguh,,,DSH nguilerr liat spek modifnya. Oh ya, bagi sobat-sobat yang mau tanya-tanya lebih lanjut atau mau pesan part modifnya sekalian, inpit 294C8FB6, biar enak bisa ngobrol langsung sama Mas Jaler #prakoso_concept.

Terimakasih atas artikel kirimannya dan sukses buat #prakoso-concept.

Wassalamualaikum.

Tinggalkan komentar