Si Pembakar Jalanan 1997

Posted: 19 Juli 2013 in Lainnya, Motor
Tag:, , ,

Assamalmualaikum,

Cagiva Mito 1997

Cagiva Mito 1997


Motor 125 cc asal Italia ini bertampang tak kalah sangar dengan moge. Harap jangan memandang sebelah mata, apalagi ngasi merem lantaran kapasitasnya yang kecil. Sebab, Mito dilengkapi transmisi 7 kecepatan.
Nama babtis yang diberi Cagiva padanya ialah The Road Burn. Lekuk-lekuk tubuhnya, menjiplak langsung Ducati 916.
Ducati 916

Ducati 916


Ini sah saja karena Ducati dan Cagiva memang satu ‘mak’. Gaya ‘motor balap’ ditampilkan lewat batang lengan ayun kanan model pisang. Pada komponen dasbor, tiga buah pengukur utama menggunakan dasar Kevlar.
Tiga pengukur dasbor berkesan pepet-pepetan. Nyaris terjepit di antara windshield yang rendah dan setang model balap (setang dipasang di bawah segitiga atas). Jika kemudi dibelokkan, tak ayal menutupi sebagian dasbor. Ditilik dari kemasannya, spidometer dipasang terpisah di sebelah kiri. Sedangkan tekometer dan pengukur panas radiator, dikemas jadi satu. Bila dipakai balap maka spidometer dicopot. Biasanya cuma tekometer dan penunjuk suhu mesin yang tetap dipakai.
dasbor  Mito

dasbor Mito


Kunci kontak tidak didekatkan pada dasbor atau setang. Tapi persis di depan tangki dan dibelakang stabiliser kemudi. Uniknya, ada di posisi ‘parking’. Jika anak kunci diposisikan di sini, maka kemudi mengunci dan lampu senja depan dan belakang menyala. Gunanya, jika motor ditinggalkan sesaat di tepi jalan. Nyala lampunya perlu untuk memberi tanda kepada pengguna jalan lain.
Menghidupkan mesin, tak perlu repot menslah tuas starter kaki. Si Pembakar Jalanan sudah dilengkapi starter elektrik. Cukup mewah untuk motor sport 125 cc 2 Tak.
Mesinnya bersilinder tunggal dan kapasitas pas 124,63 cc. Ini didapat dari jarak gerak piston 50,6 mm dan diameter silinder 56 mm. Kompresi dipatok pada angka 6,3:1. Mito dilengkapi katup pintar Cagiva Torque System (CTS) yang setara dengan Super-Kips nya Kawasaki Ninja dan RC-Valvenya NSR 150. Sistem pamasukan bahan bakar diatur oleh katup buluh dan disuplai karburator Dell’Orto tipe PHBH RD diameter 28 mm. Untuk edisi ’95 masih pakai Mikuni TM 35. Mungkin dianggap tidak cocok . sebab untuk motor 125 cc, ukuran Mikuni 35 mm terlalu besar. Untuk mendinginkan mesin digunakan radiator yang mampu menampung 1,5 liter air. Sedangkan panas komponen bergerak dilumasi oli pelumas sebanyak 0,8 liter. Mesin Mito bertenaga 34 dk. Dengan bantuan transmisi 7 tingkat, 170 km/jam sudah pasti enteng tercapai.
Cagiva Mito telanjang

Cagiva Mito telanjang


Jarak poros roda depan-belakang 1.375 mm, sedang panjang total motor 1.980 mm. Lebar bodinya 760 mm. Tinggi jok 760 mm dan tinggi totalnya 1.100 mm.
Dengan bodi yang lumayan gede, ternyata bobotnya hanya 129 kg. Sasis model double-beam dibuat dari paduan alumunium. Suspensi dipercayakan pada Marzocchi. Untuk depan mengandalkan upside down berdiameter 40 mm. Sedangkan belakang monosok hidraulik model soft-damp. Sokbeker ini cuma punya sarana setelan prabeban dengan mengatur kekerasan pegasnya.
Pelek Grimeca depan dan belakang juga dibikin dari paduan alumunium. Depan lebar 2,75 x 17 dibalut ban 110×70/17. Sedang belakang 4,00 x 17 dengan ban 150×60/17. Setiap roda distop lajunya oleh sebuah cakram Brembo ukuran 320 mm untuk depan dan 230 mm untuk belakang.

Spesifikasi Cagiva Mito 1997

• Make Model
Cagiva Mito 125 SP
• Year
1996-97
• Engine
Liquid cooled, read valve, two stoke single cylinder, electric power valve
• Capacity
125.6
• Bore x Stroke
56 x 50.6 mm
• Compression Ratio
6.3:1
• Induction
Dell’Orto carb
• Ignition / Starting
CDI / electric
• Max Power
34 hp 24.8 kW @ 12000 rpm
• Max Torque
23 Nm @ 11000 rpm
• Transmission / Drive
7 Speed / chain
• Front Suspension
40mm Marzocchi telescopic forks, 120mm wheel travel.
• Rear Suspension
Monoshock, 133mm wheel travel.
• Front Brakes
Single 320mm disc 4 piston caliper
• Rear Brakes
Single 230mm disc 2 piston caliper
• Front Tyre
110/70 ZR17
• Rear Tyre
150/60 ZR17
• Dry-Weight
129 kg
• Fuel Capacity
12.5 Litres
• Consumption average
20.1 km/lit
• Braking 60 – 0 / 100 – 0
12.9 m / 36.4 m
• Standing ¼ Mile
14.2 sec / 149.3 km/h
• Top Speed
172.3 km/h

Cagiva Mito 1998 peleknya sudah palang enam

Cagiva Mito 1998 peleknya sudah palang enam

Pada 916, lubang di bodi buritan berfungsi untuk mendinginkan knalpot ganda yang ngumpet di bawah jok. Di Mito, ya gaya doang

Pada 916, lubang di bodi buritan berfungsi untuk mendinginkan knalpot ganda yang ngumpet di bawah jok. Di Mito, ya gaya doang

Cagiva Mito 2009-2010 lebih nungging

Cagiva Mito 2009-2010 lebih nungging

Wassalamualaikum.

Komentar
  1. blablak berkata:

    persis tenan bro sama ducati..

  2. flashoftheblade berkata:

    motor ngeri..ngeri ngintip spedo ne pas mlaku..

  3. slendroo berkata:

    piro yo umpomo didol neng indonesia?

    • didishevaharyadi berkata:

      Kalo dulu seharga ninja dua tak kayaknya. Sekarang ngak tau mas, yang jelas ya muahalll, heheh

      • Fariz berkata:

        Salam kenal bro pncinta roda 2.
        Dulu tahun 2000-2005 harga barunya 57 jt, skarang second trgantung kondisi brkisar 30-40an. Kbetulan saya punya yg warna merah-putih perakitan 2003, pembelian 2004.

      • didishevaharyadi berkata:

        Salam kenal juga mas Fariz. beruntung ya mas Fariz. kalo saya cuman bisa ngimpi..hehehe. kondisi Mitonya sekarang gimana mas?

Tinggalkan komentar